JURUSAN DAKWAH STAIN SAMARINDA KALIMANTAN TIMUR - PRODI : KOMUNIKASI & PENYIARAN ISLAM (KPI) + PRODI: MANAJEMEN DAKWAH (MD) + PRODI : BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM (BKI) - JL. KH. ABUL HASAN NO.3 SAMARINDA = http://dakwahstainsamarindakaltim.blogspot.com = ...DAKWAH: "Bikin Hidupmu Kreatif"...

Jumat, 02 Juli 2010

DESAIN GRAFIS-POSTER


Desain Grafis

Desain grafis diartikan sebagai bentuk komunikasi visual yang menggunakan media gambar untuk menyamapikan informasi atau pesan secara efektif. Saluran yang dipakai menyangkut indera penglihatan dan pesan-pesan yang dituangkan dalam bentuk simbol-simbol komunikasi visual. simbol-simbol itu perlu dipahami benar artinya agar proses penyampaian pesan dapat berhasil dan efisien.


  • Secara khusus media grafis berfungsi menarik perhatian, memperjelas sajian ide, mengilustrasikan fakta yang mungkin akan cepat dilupakan atau diabaikan bila tidak digrafiskan. Desain grafis/ media grafis sederhana dan mudah pembuatannya dan termasuk media yang murah jika ditinjau dari segi biayannya.

  • jika ditinjau dari sejarahnya desain grafis awalnya diterapkan pada media statis seperti kain, buku, majalah dan brosur. namun seiring dengan perkembangan pemikiran desain grafis, kini media grafis tidak hanya sebatas pada media statis tetapi telah menjangkau media elektronik.

  • Aplikasi pengolah garis atau vektor. Software yang tergolong dalam aplikasi ini adalah Adobe Illustrator, CorelDraw, Macromedia Freehand, Microsoft Expression, dan Micrografix Designer. Beragam aplikasi tersebut berfungsi untuk membuat objek gambar yang berbentuk vektor atau garis. baik lurus maupun lengkung.

POSTER


POSTER, poster merupakan media grafis yang memuat unsur teks dan gambar / ilustrasi yang dipasang atau ditempel pada dinding. visualisasi setiap unsurnya adalah: Rinci, Jelas, Realis, Sederhana, dan Singkat dengan Warna yang mencolok sesuai dengan Misinya.



  • UNSUR-UNSUR Grafis Poster: a. Judul, (head line) merupakan bagian terpenting dari teks yang menarik perhatian dan merupakan hal yang pertama kali dibaca. Judul mampu mengarahkan pembaca untuk lebih jauh mengetahui tentang isi pesan atau produk yang ada di dalamnya. judul hendaknya ekspresif, mempertegas kata-katanya yang singkat dan berfungsi untuk mengkombinasikan watak sebuah tulisan. , b. Sub Judul, merupakan lanjutan dari judul yang menjelaskan makna atau arti daripada judul dan umumnya lebih panjang dari judulnya. c. Naskah: kalimat yang menerangkan lebih rinci tentang isi pesan yang ingin disampaikan, berfungsi untuk mengarahkan pembaca dalam mengambil sikap, berfikir dan bertindak lebih lanjut. 4. LOGO: tanda pengenal yang tetap dari perusahaan/lembaga atau institusi atau sebuah produk, yang dibuat secara singkat, sederhana dan komunikatif menggunakan huruf dan gambar. 5. Kata Penutup (Clocing Word): kalimat pendek yang jelas, singkat, jujur dan jernih yang biasanya bertujuan untuk mengarahkan pembaca untuk membuat keputusan.

  • PRINSIP-PRINSIP DESAIN:

  • 1. Keseimbangan: halaman harus tampil seimbang dan harmonis,

  • 2. PENEKANAN: memberikan pengertian bahwa tidak semua unsur grafis adalah sama pentingnya dan perhatian pembaca harus difokuskan pada titik fokus.

  • 3. IRAMA: pola yang diciptakan dengan mengulangi dan membuat variasi dari unsur grafis yang ada dan menggunakan ruangan diantaranya (unsur grafis) untuk memberikan kesan gerak.

  • 4. KESATUAN: mengandung pengertian semua bagian dan unsur grafis bersatu-padu dan serasi sehingga pembaca memahaminya sebagai suatu kesatuan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar