JURUSAN DAKWAH STAIN SAMARINDA KALIMANTAN TIMUR - PRODI : KOMUNIKASI & PENYIARAN ISLAM (KPI) + PRODI: MANAJEMEN DAKWAH (MD) + PRODI : BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM (BKI) - JL. KH. ABUL HASAN NO.3 SAMARINDA = http://dakwahstainsamarindakaltim.blogspot.com = ...DAKWAH: "Bikin Hidupmu Kreatif"...

Minggu, 01 Mei 2011

DAKWAH DI TENGAH MASYARAKAT MULTIKULTURAL

DAKWAH DI TENGAH MASYARAKAT MULTIKULTURAL
Mursalim

Abstrak :
Dalam bahasa Islam, dakawah adalah tindakan menyebarkan dan mengomunikasikan pesan-pesan Islam atau sebuah istilah teknis yang pada dasarnya dipahami sebagai upaya untuk mengimbau orang lain ke arah atau jalan yang lurus, yang sesuai dengan petunjuk-petunjuk al-Qur’an dan Sunnah Rasulullah.. Namun, dalam tataran pelaksanaannya seringkali berbenturan dengan tujuan dakwah itu, yaitu amar ma’ruf dan nahi mungkar. Sehingga meninggalkan gesekan-gesekan antar penganut agama. Dengan demikian, perlu dirumuskan model dakwah yang berbasiskan multikultur, sehingga agama Islam sebagai agama dakwah mencerminkan tujuan utamanya sebagai agama yang rahmatan lil ’alamin.

Kata kunci : Dakwah, Multikultural

Pendahuluan
Islam adalah agama yang memandang setiap penganutnya sebagai da’i bagi dirinya sendiri dan orang lain. Karena Islam menganut adanya hierarki religius, setiap Muslim bertanggungjawab atas perbuatannya sendiri di hadapan Allah. Namun, karena ajaran Islam bersifat universal dan ditujukan kepada seluruh umat manusia, kaum Muslimin memiliki kewajiban untuk memastikan bahwa ajarannya sampai kepada seluruh manusia di sepanjang sejarah.
Dalam bahasa Islam, tindakan menyebarkan dan mengomunikasikan pesan-pesan Islam merupakan esensi dakwah. Dakwah adalah sebuah istilah teknis yang pada dasarnya dipahami sebagai upaya untuk mengimbau orang lain ke arah atau jalan yang lurus, yang sesuai dengan petunjuk-petunjuk al-Qur’an dan Sunnah Rasulullah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar